SELAMAT DATANG DI BLOG BALTICS REBORN

objek wisata bali

Ubud Bali

Pusat seni bali ada di ubud berbagai aneka barang dan kreasi seni ada di ubud dari lukisan, patung dan berkumpulnya para seniman tari semuanya ada di ubud.


Andika Nina 00116-Edit-Edit-Edit


Denpasar-holyman
Ubud bali merupakan kecamatan di kabupaten Gianyar bisa ditempuh dalam 45 menit perjalanan dari denpasar atau berjarak kurang lebih 30 km.
Batukaru-temple 0005
Ubud terkenal diantara para wisatawan mancanegara dan domestik karena lokasi ini terletak di antara dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah serta sungai ayung yang masih alami. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari sen. Di sini banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa. serta sebuah pasar yang disebut dengan pasar ubud. Di ubud terdapat sebuah sungai yang disebut dengan sungai ayung dimana sungai ini biasa dipakai sebagai tempat untuk melakukan aktivitas rafting.

Alila-Manggis
Ubud yang sebelumnya dikenal sebagai pusat seni bali saat ini telah berkembang dengan banyak didirikannya fasilitas wisata diantaranya hotel dan fasilitas wisata lainnya. Jika anda liburan ke bali sempatkan diri anda menginap semalam di ubud dan pastikan liburan bali anda akan menyenangkan.

Pesona Keindahan Pura Uluwatu Bali

Uuwatu terletak di selatan pulau bali dengan sebuah pura diatas tebing karang yang menjadi icon objek wisata bali yang satu ini . pura uluwatu sendir didirikan oleh Dan hyang Nirarta dimana beliau dalam perjalanan sucinya mendirikan beberapa pura yang berapa pesisir selatan pulau bali diantaranya objek wisata uluwatu ini. Di pura uluwatu terdapat habitat monyet yang disucikan oleh umat hindu bali.
Pura uluwatu bali dengan pemandangan yang indah
Uluwatu ini merupakan obyek wisata yang sudah terkenal di Bali. Keindahan laut, pura dan tebing yang tinggi merupakan keindahan yang tiada tara. Namun sayang sekali ketika disana saya tidak bisa menikmati sunset atau matahari tenggelam disana. 
Keindahan pesona pura uluwatu
Jurang tebing uluwatu yang di ambil dari pura
Rasanya kalo mengunjungi pulau Bali saya rekomendasikan untuk mengunjungi uluwatu yang terletak di bagian ujung selatan pulau bali ini. jika dari denpasar dapat ditempuh selama satu jam perjalanan.
Pura Uluwatu ini terdapat didaerah Badung. Jika dari Garuda Wisnu Kencana dan pantai Dreamland tinggal lurus terus kearah ujung jalan Uluwatu.
Pemandangan Uluwatu sangatlah indah. Kita bisa menikmati laut bebas dari puncak tebing. Dengan pepohonan dan Pura yang ada di situ, menjadikan Uluwatu ini tempat dengan pemandangan yang indah.
pura uluwatu
Pura Uluwatu BaliPura uluwatu bali tampak dari kejauhan dengan pemandangan laut
Pura Uluwatu yang berada di ujung tebing tersebut bernama Pura Luhur Uluwatu. Pura tersebut merupakan salah satu pura tertua di Bali. Pura ini merupakan pura suci bagi pemeluk agama Hindu.
Untuk menghormati pura tersebut. Pengunjung yang datang harus mematuhi aturan tata tertib yang ada. Pengunjung juga akan disediakan selendang yang harus dipakai sebagai ikat pinggang.
peraturan yang lain ketika masuk ke pura uluwatu bali
peraturan ketika masuk ke pura uluwatu bali
pengunjung masuk ke pura uluwatu bali wajib menggunakan ikat pinggang dari kain
Ketika datang ke Uluwatu ini juga harus berhati-hati dengan barang bawaan yang ada. terutama topi, kamera, dompet, tas dan barang-barang lain. Daerah uluwatu banyak terdapat monyet-monyet yang berkeliaran.
lokasi Pura Uluwatu Bali dengan pohon-pohon dan kera yang ada pintu ke pura uluwatu bali
Well, selamat menikmati perjalanan.


Tampak Siring Bali

Objek wisata Bali dimana kita bisa melihat keindahan Pura Tirta Empul dan istana presiden tampak siring dimana tempat dipercaya untuk penyucian diri.

tirta empul
Lokasi
Obyek Wisata bali ini terletak di Desa Tampak Siring yang berjarak sekitar 36 kilometer dari kota Denpasar. Pura Tirta Empul adalah peninggalan purba kala yang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sekedar informasi di sebelah barat daya pura ini terdapat istana Presiden Soekarno.
Tirta Empul sendiri berasal dari sumber mata air yang terdapat di dalam pura ini. Tirta Empul berarti mata air yang menyembur dari tanah. Air dari Tirta Empul ini mengalir ke Sungai Pakerisan. pura tirta empul didirikan pada tahun 960 A.D. Pura tirta empul sendiri sama seperti pura di bali terbagi dalam 3 bagian yang merupakan jabe Pura (halaman muka), Jabe Tengah (halaman tengah), dan Jeroan (bagian dalam). Pada Jabe Tengah pura tirta empul terdapat dua buah kolam persegi empat panjang, dan kolam tersebut mempunyai 30 buah pancuran yang berderet dari timur ke barat menghadap ke selatan. Masing-masing pancuran itu menurut tradisi mempunyai nama tersendiri, diantaranya pancuran Pengelukatan, Pebersihan Sidamala, dan pancuran Cetik (racun).
Pancuran Cetik dan nama Tirta Empul erat kaitanya dengan mitos peperangan Raja Mayadenawa dengan Dewa Indra. Dalam metologi itu diceritakan bahwa raja Mayadenawa adalah seorang raja jahat yang tidak mengizinkan rakyat untuk melaksanakan upacara-upacara keagamaan untuk memohon keselamatan dari Tuhan. Setelah perbuatan itu diketahui oleh para dewa, maka para dewa yang dipinpin oleh dewa Indra menyerang Mayadenawa. Akhirnya Mayadenawa dapat dikalahkan dan melarikan diri dan sampailah di sebelah utara desa Tampak Siring. dengan kesaktiannya, Mayadenawa menciptakan mata air Cetik yang mengakibatkan banyak para laskar bhatara Indra yang gugur akibat minum air tersebut.Melihat hal ini maka bhatara Indra segera menancapkan tombak dan memancarkan air keluar dari tanah. Tirta Empul dan mata air ini dipakai untuk memerciki para dewa sehingga tidak beberapa lama hidup lagi seperti sedia kala. Mata air dari Dewa Indra inilah yang dipercaya sebagai mata air yang terdapat di Pura Tirta Empul.


Objek wisata Pantai Tulamben

Satu lagi objek wisata pantai di wilayah timur Bali yang menjadi daya tarik wisatawan untuk diving dan snorkling, yaitu pantai Tulamben. Terletak di sebuah desa kawasan Timur pulau Bali, sebelah Utara pantai Amed. Kedua pantai ini memang memiliki kemiripan karakter. Pantai Tulamben menghadap ke selat Lombok, kaya dengan biota laut yang sangat indah dan terumbu karang yang sangat mempesona. Dari segi keragaman biota lautnya Tulamben menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. Jika anda punya hobby menyelam/ diving, maka selama liburan di Bali, wajib untuk datang ke objek wisata di Bali ini.
Diving di objek wisata TulambenTulamben terletak di Kecamatan Kubu, Kab. Karangasem. Melakukan wisata Tour ke wilayah timur ataupun sewa mobil di Bali Tours Club dan memutuskan untuk setir sendiri, dari bandara sekitar 135km atau sekitar 3 jam perjalanan, ke arah Timur ada beberpa objek wisata yang anda lalui seperti Goa Lawah, Candidasa dan Tirtagangga. Anda melalu jalan lintas Kabupaten, jalan Ida Bagus Mantra, sampai di Karangasem (pertigaan Abang), ambil arah jalan menuju arah Utara (jurusan Singaraja).
Diving di objek wisata TulambenObjek wisata Tulamben memang merupakan tempat surganya para penyelam, di sini anda bisa melihat bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam 1963 akibat gempa bumi dan meletusnya Gunung Agung. Disepanjang pantai Tulamben terdapat sekitar 7 buah lokasi diving di sepanjang pantainya. Jika ingin menyelam, tempat yang bagus sekitar 50 – 200 meter dari bibir pantainya dengan kedalaman 5 – 30 meter, banyak biota laut yang susah anda jumpai kemungkinan bisa ditemui di sini, seperti ikan Mola-mola, paus, sampai hiu martil. Selain untuk diving anda bisa hanya sekedar jalan-jalan dipinggir pantai yang berkoral sambil melihat aktifitas nelayan, bisa juga berenang dan snorkeling. Selama musim liburan, hampir 100 penyelam setiap harinya melakukan aktifitasnya di sini….warnai liburan anda dengan sensasi wisata yang berbeda.


Desa Tenganan – Bali

Rumah_desa3 Liburan ke Bali kali ini sengaja saya dan Chile menyusuri daerah Bali Timur. Dengan bermodal kan mobil sewaan tanpa supir dan sebuah peta bali, kami memulai petualangan Bali Timur dengan mengunjungi sebuah desa kuno bernama desa Tenganan di wilayah kabupaten Karangasem.
Untuk tiba di desa Tenganan ini kami musti menempuh perjalanan sekitar 70 km kearah timur dari kota Denpasar. Tapi jangan kuatir dengan perjalanan panjang itu, sepanjang  jalan menuju desa Tenganan kita akan di suguhi dengan pemandangan elok dan eksotik ciri khas pedesaan di Bali pada umumnya. Setelah memasuki kabupaten Karangasem kami mengarahkan mobil ke candi dasa, lalu  belok menuju ke utara sekitar 3 km. Setelah melewati desa Pesedahan baru kami melihat papan ucapan selamat datang di desa Tenganan. Tidak terlalu sulit menemukan desa kuno ini, karena ada banyak petunjuk jalan yang kami temui.
Rumah_ desa1 Desa Tenganan adalah salah satu desa bali asli yang masih menjaga budaya dan adat istiadat traditional bali yang dikenal sebagai Bali Age. Berbeda dengan umat hindu pada umum nya di Bali, masyarakat desa Tanganan memiliki kalender hari besar keagamaan yang mereka buat sendiri, keunikan lain nya dari desa ini adalah merupakan daerah satu-satu nya di bali sebagai penghasil kain Gringsing.
BatikNCraft Setiba nya kami di Desa Tenganan kami disambut oleh pintu gerbang dan gapura desa, untuk bisa masuk ke lingkungan desa kita harus membeli tiket terlebih dahulu, harga sukarela untuk wistawan domestic dan bagi orang asing diharuskan membayar dengan harga tertentu. Desa Tenganan menyajikan panorama yang sangat indah dengan backdrop bukit yang cantik karena lokasi desa berada di sebuah lembah dan diapit oleh bukit, oleh sebab itu deretan rumah sepanjang desa dibuat seperti berundak-undak dengan tiga buah banjar di dalam nya. Deretan kurngan ayam dan asap dupa menambah kekentalan suasana desa.
suasana_desa Seperti yang saya ceritakan diatas tadi, desa Tenganan adalah penghasil kain Gringsing, kain gringsing ini sendiri terbilang unik, otentik dan sekarang sudah langka karena untuk menenun kain ini benang yang dipakai berasal dari kapas Bali asli yang bahan nya sudah sulit ditemui dan proses pembuatan nya juga terbilang rumit, harga sehelai kain Tenganan yang sudah langka bisa mencapai 25 juta rupiah. Saya sangat takjub dengan keindahan motif kain Gringsing buatan tenganan ini, selain motif nya yang unik warna-warna yang di gunakan juga sangat indah sebuah karya seni tingkat tinggi. Hampir setiap rumah menjual kerajinan kain ini, tapi selain itu masyarakat desa juga menjual kain-kain batik dengan motif  Bali atau motif Jawa, saya hanya mampu membeli beberapa potong kain batik saja semoga suatu hari saya bisa membeli kain Gringsing untuk menambah koleksi kain saya.
Kerajinan lain nya dari desa Tengangan adalah aneka cenderamata seperti tas, kotak perhiasan, asbak, alas makan yang terbuat dari daun lontar. Saya langsung teringat sebuah tas yang sama dengan tas yang saya taksir di sebuah toko cinderamata Warwick di kemang Jakarta, tapi tas made in  desa Tenganan ini dengan dengan kualitas dan keindahan barang yang sama kita cukup membayar separuh harga saja dari tas made in Warwick. Saran saya jika kita mengunjungi desa Tenganan alangkah baik nya jika kita membawa uang cash yang lebih karena karena selain system pembayaran harus cash, rasa nya rugi jika tidak membawa  karya seni indah itu pulang ke rumah. Dan tentu nya juga membantu perekonomian masyarakat desa Tenganan bukan ?
Tidak terasa satu jam sudah saya bercengkrama bersama desa yang indah ini. Waktu seperti diputar ke masa puluhan tahun lalu, tidak cukup waktu rasanya untuk menyelami kebudayaan Bali Aga dengan ke-beragaman budaya nya, kekentalan adat-istiadat, berbagai acara upacara  ke-agama an, semua nya menyadarkan saya betapa kaya nya negri yang bernama Indonesia ini, semoga semua kebudayaan itu akan terus terjaga keaslian nya.
Rumah_desa2


Pantai Kuta (pantai berpasir putih)
Pantai yang paling terkenal di Bali. Wisatawan yang berlibur di Bali tidak akan pernah lupa untuk berkunjung ke pantai Kuta, terutama pada saat matahari akan terbenam. Pantai Kuta merupakan salah satu tempat di Bali untuk melihat panorama terbenamnya matahari selain Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot atau pantai Jimbaran. Dapat kita bayangkan setiap hari terutama pada sore hari pantai Kuta akan penuh dengan wisatawan domestic maupun mancanegara, menantikan matahari terbenam, berenang, atau sekedar jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Yang membuat pantai ini juga terkenal adalah ombaknya yang cukup tinggi untuk melakukan olah raga air terutama berselancar (surfing). Tidak heran kalau disepanjang pantai dapat dengan mudah kita menjumpai papan selancar yang disewakan. Anda mau mencoba?
Aktivitas di Pantai Kuta
Berjemur
Pantai Kuta adalah sebuah magnet bagi beachgoers, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mendapatkan banyak tan-didambakan. Berbaring di pantai mengenakan bikini atau celana pendek dan kacamata hitam bisa menjadi cara mudah untuk menghabiskan hari di Kuta atau Anda dapat menyewa kursi panjang matahari hanya sekitar Rp 30.000 per hari.
Namun, waspadalah terhadap sinar kasar – Anda akan sangat tidak nyaman pada hari berikut jika Anda tidak berlaku tabir surya! Pilih perlindungan dengan kandungan SPF yang tinggi dan menghindari panas siang intens untuk memastikan Anda mendapatkan cokelat bersinar indah sebelum Anda kembali ke negara asal Anda. Untuk menghindari dehidrasi Anda disarankan untuk minum banyak air dan minuman ringan – semua tersedia dari vendor patroli pantai, juga menjual makanan ringan, es krim dan buah.
Main Layang-Layang
Berikut ini adalah ide untuk kegiatan, aman dan menyenangkan di pantai dengan keluarga Anda – layang-layang terbang! Ingin tahu tempat untuk membeli satu? Anda dapat dengan mudah menemukan baris dari toko-toko kecil dan pedagang yang menjual layang-layang tradisional Bali mulai dari kecil sampai ukuran raksasa, seperti Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung) dan Pecukan (daun berbentuk), harga bervariasi sesuai untuk ukuran dan materi. Sekarang, menemukan tempat berangin sepi dan jauh Anda pergi!
Slingshot
Perawatan untuk sedikit petualangan? Kuta memiliki cara sendiri untuk memuaskan dahaga adrenalin Anda. Di tempat di depan Hotel Kuta Paradiso, ada katapel raksasa yang bisa melontarkan Anda 52 meter di udara. Bingkai Y berbentuk cagak memiliki strip karet dua melekat pada uprights, mengarah kembali ke saku untuk memegang dua kursi aman dirancang. Buka setiap hari 11:00 – terlambat.
Soccer Beach
Mendapatkan kecokelatan tetapi memiliki kalori ekstra yang perlu membakar? Jangan khawatir, Kuta penuh kegiatan pantai. Coba pertandingan sepak bola dengan beberapa penduduk setempat. Mereka biasanya mendirikan tiang gawang di sekitar 16:00 antara Hard Rock Café dan Discovery Shopping Mall. Hanya ikut bermain, atau bahkan lebih baik, membawa teman sehingga tim akan lebih. Sudah saatnya dunia tahu tentang kemampuan anda menggiring bola!
Surfing di Pantai Kuta
Pantai Kuta terkenal dengan memecah gelombang dan air setinggi pinggang, sehingga seperti pantai yang sempurna untuk berselancar pemula. Untuk mendapatkan beberapa pengetahuan dasar tentang surfing, mendaftar untuk pelajaran dengan salah satu sekolah surfing terkenal terletak tepat di depan pantai seperti Odysseys, Rip Curl Surf Sekolah atau Surfer Girl Surfing School.
Sebuah kursus tiga hari berselancar di biaya sekolah yang terakreditasi sekitar US $ 100. Kali berikutnya Anda kembali, selama Anda tetap dalam prakteknya, Anda akan dapat menjelajahi pantai-pantai selancar yang tersembunyi di pulau itu, pasti! Untuk peselancar yang lebih maju, Anda dapat memilih dari lebih dari 30 istirahat surfing lainnya, semua dalam waktu 30 menit berkendara dari Kuta.
Waterbom Park Waterslide
Waterbom adalah 3,8 hektar taman tropis luas petualangan wahana air mendebarkan. Ia memiliki 15 slide kecepatan tinggi, beberapa mencapai sampai 50kph, jalan memusingkan, naik jantung-berdebar dan panjat tebing. Bahkan untuk menjadi lemah hati, ada banyak fasilitas; mencoba rakit sungai yang membawa Anda ke sebuah sungai malas mana Anda dapat menikmati hanyut bersama dalam rakit tabung melalui air terjun cascading, riak lesu dan bahkan dedaunan tropis mewah ke layar Anda dari kebingungan kegembiraan, belum lagi fasilitas spa untuk opsi yang lebih santai.
Di atas bahwa Anda dapat berjemur di taman berumput, bersantai di gazebo atau berenang di sepanjang ke Poolside Bar, untuk memuaskan dahaga Anda sebelum putaran kedua petualangan adrenalin dibebankan! Untuk anak-anak, taman fitur Taman Kiddy, yang dirancang untuk keselamatan anak dan diawasi setiap saat. Jika Anda mendapatkan lapar selama semua aktivitas tersebut, kepala ke food court di tengah taman karena dilarang untuk membawa makanan atau minuman dari luar.


Objek Wisata Bedugul Bali

Bedugul adalah objek wisata bali yang terletak di perbukitan dengan cuaca yang sangat sejuk dimana di bedugul juga terdapat sebuah danau yang bernama danau beratan.

ulun danu bedugul bali
Di Objek wisata Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama pura di ulun danu yang terletak di pinggir danau beratan. Pura ulun danu di percaya sebagai tempat bersemayaman dewi sri atau dewi kesububuran.
Lokasi
objek wisata bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturit kabupaten tabanan kurang lebih jaraknya 45 km dari pusat kota kabupaten dan Jaraknya dari kota denpasar sekitar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya Pura tersebut berada di tepi danau Beratan, nama pura ulun danu diambil dari kata danau.
sejarah
urian sejarah Pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.
bedugul bedugul
Dalam lontar Babad Mengwi tersirat menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu sebagai pendiri kerajaan Mengwi mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun Dalam lontar tersebut tidak disebutkan kapan beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, namun yang terdapat dalam lontar itu adalah pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar Babad Mengwi tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian pura tesebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya " I Gusti Agung Sakti". Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:
Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.


Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan objek wisata Bali yang terletak di ujung karang batu tepat pantai selatan bali. pura uluwatu merupak pura yang sangat disucikan oleh umat hindu.

lokasi
Pura uluwatu terletak di selatan pulau bali yang merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang sebagai penyangga dunia. Pura uluwatu terletak sekitar 26 km dari pusat kota denpasar bisa ditempuh 30 menit perjalanan
pura uluwatuPura Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan, pura yang erat kaitannya dengan pura induk yaitu pura uluwatu. Pura yang di maksud adalah Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Masing-masing pura ini mempunyai kaitan erat dengan Pura Uluwatu, terutama pada hari-hari piodalan-nya. Piodalan di Pura Uluwatu. Pura Uluwatu juga terdapat pantai menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga, bahkan event internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat surfing selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.
Pura uluwatu nan excotic ini sangatlah cocok buat anda yang wisata ke bali khususnya honeymoon. objek wisata bali ini bisa anda rangkai dengan kunjungan ke objek wisata bali lainnnya diantaranya GWK, tanjung benoa, dan jimbaran dimana kita bisa menikmati makan malam dengan menu khas seafood.


Denpasar City

Sebagai ibu kota provinsi Bali, denpasar memiliki tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat tour di Bali serta berbagai fasilitas wisata yang lengkap sehingga liburan ke bali anda akan fun

bajra sandhi
Denpasar saat ini telah banyak ber benah menyambut kedatangan para wisatawang yang tour ke bali dengan berbagai pilihan tempat wisata bisa anda pertimbangkan saat liburan ke bali di antaranya pasar kumbasari, museum bali atau pasar hewan satria adalah tempat tempat yang bisa anda kunjungi di Bali denpasar merupakan pusat ekonomi pada tahun 1906 di kota ini terjadi perang melawan penjajah yang dikenal dengan perang puputan. dan nama denpasar sendiri diambil dari den dan pasar yang berarti kota yang terletak di utara pasar Ngurah Rai.
sejarah
denpasar dulunya adalah pusat kerajaan badung yang di jadikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten badung. Sejak tahun 1958 denpasar di jadikan sebagai pusat pemerintahan provinsi bali dimana sejak ssat itu denpasar tumbuh menjadi kota yang dengan pertumbuhan ekonomi yyang sangat pesat dan menjadi pusat pendidikan, budaya dan pariwisata. Denpasar sendiri di bagi menjadi 3 kecamatan yaitu denpasar barat, denpasar timur dan denpasar selatan.
catur muka puputan badung

Berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1992 mengenai Pembentukan Kota Denpasarlahir dan telah diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 27 Februari 1992 sehingga merupakan sejarah baru penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Tingkat I Bali, Kabupaten Daerah Tingkat II Badung dan juga bagi Kota Denpasar. Bagi Propinsi Daerah Tingkat I Bali adalah pengembangan yang dulunya 8 Daerah Tingkat II sekarang menjadi 9 Daerah Tingkat II. Sedangkan bagi Kabupaten Badung kehilangan sebagian wilayah serta potensi yang terkandung didalamnya. Bagi Kota Denpasar yang merupakan babak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang walaupun merupakan Daerah Tingkat II yang terbungsu di wilayah Propinsi Daerah Tingkat I Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar