SELAMAT DATANG DI BLOG BALTICS REBORN

Pendiri Uni Soviet


Banyak diantara kita yang belum tahu jati diri atau asal usul Vladimir Lenin. Lenin pendiri Uni Soviet, negara adikuasa, yang menganut ideologi komunisme, dan menjdi antitesa dari kapitalisme. Lenin bukan hanya pendiri Uni Soviet, tetapi seorang idelog, yang melahirkan komunisme, yang dianut manusia sejagat.

Belum lama ini dibuka sebuah pameran di State Historical Museum Moskow, yang akhirnya membuka rahasia gelap, dan sangat dijaga Rusia, yaitu 'Asal usul Bapak Pendiri Uni Soviet Vladimir Lenin. Pameran di State Historical Museum Moskow itu, akhirnya mengungkapkan bahwa kakek Lenin adalah Yahudi.
read more

oleh Science Of Universe pada 16 Desember 2009 pukul 21:56 ·


HARI PERTAMA - Armada lapis baja dari Leihstandarte Division bergerak menusuk lambung pasukan 151st Guards Rifle Regiment Soviet pads hari pertama Battle of Kursk. Pasukan Jerman ini dilengkapi dengan ranpur Sd Kfz 251 dan pemusnah tank StuG III
Dalam pandangan Soviet, pertempuran Kursk merupakan titik balik yang menentukan dalam perangnya melawan Jerman Nazi. Karena sejak pertempuran satu minggu di bulan Juli 1943 itu, inisiatif peperangan telah beralih seterusnya ke tangan Rusia. Pertempuran tank yang merupakan perang kavaleri modern terbesar dalam sejarah itu karena begitu banyak melibatkan tank dari kedua belah pihak juga mencatat mulai dipakainya tank baru Jerman jenis Panther dan Tiger. Mereka harus menghadapi ribuan tank T-34 dan KV-1 Soviet yang terkenal tangguh.      
read more

Battle of Khalkhin-Gol : Pertempuran yang Terlupakan menjelang Perang Dunia II

 

All Hands,
Sebenarnya masih banyak kisah pertempuran2 yang tak kalah hebatnya dibanding Perang Dunia, kita pasti sering mendengar pertempuran yang terlupakan (forgotten war) seperti Perang Korea yang luput dari pemberitaan. Nah salah satu pertempuran besar yang terjadi sebelum Perang Dunia 2 Pecah adalah Battle of Khalkhin-Gol diperbatasan Mongolia dengan Manchuria (Negara Boneka Jepang) antara Uni Soviet melawan Jepang.

khalki21
Perang ini berlangsung Pada bulan Agustus 1939, hanya beberapa minggu sebelum Hitler menyerang Polandia, Uni Soviet dan Jepang bertempur dalam pertempuran  TANK besar-besaran di perbatasan Mongolia ,salah satu yang terbesar di dunia selain Battle of Kursk.
Di bawah Georgy Zhukov  yang belum dikenal, Soviet meraih kemenangan telak dalam perang Khalkhin-Gol (di Jepang dikenal sebagai Insiden Nomonhan). Kekalahan ini membuat Jepang untuk memperluas ke Pasifik, di mana mereka melihat Amerika Serikat sebagai lawan lebih lemah dari Uni Soviet. Jika Jepang tidak kalah di Khalkhin Gol, mereka mungkin tidak akan pernah menyerang Pearl Harbour.
Keputusan Jepang untuk memperluas selatan bermakna bahwa sayap Timur Soviet dijamin selama masa perang. Daripada harus berperang di dua front, Soviet yang dpimpin Jendral baru Zhukov bisa memfokuskan kekuatannya terhadap ancaman Nazi Jerman di Barat.
Dalam hal dampak strategis, pertempuran Khalkhin Gol adalah salah satu pertempuran paling menentukan dari Perang Dunia II, tetapi tidak ada seorang pun mendengarnya. Mengapa?    read more

pembantaian Massal di Hutan Katyn

Di musim gugur 1939 Tentara Merah Uni Soviet menawan 250.000 orang Polandia. Dari jumlah itu dipilih 17.000 orang terpelajar dan perwira tentara. Mereka diasingkan di dua biara dan barak-barak tahanan di Kosielk, dekat hutan Katyn, dari Moskwa 200 km ke barat laut. Schainberg, kolonel intelijen Polandia (Breaking With the KGB, 1986) mengisahkan peran Marsekal Lavrenti Beria, kepala intel Uni Soviet NKVD (Narodnyy Komissariat Vnutrennikh Del) yang memerintahkan "likuidasi", istilah teknis pembantaian manusia di Hutan Katyn itu. Organisasi NKVD ini belakangan menjadi KGB (Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti).  read more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar